Sinergi 7 BUMN memberikan bantuan sarana air bersih berupa pembuatan sumur bor dan pipanasi di Dusun Mongkrong, Sampang, Gedangsari Gunungkidul, Kamis (24/10).

Sinergi 7 BUMN melibatkan PT. Kereta Api Indonesia (Persero), PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), Perum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas), PT Permodalan Nasional Madani (Persero), PT Angkasa Pura 1 (Persero), PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero). Sinergi BUMN tersebut dilakukan untuk memberikan sumbangsih terbaik bagi masyarakat dan lingkungan.

Sinergi 7 BUMN pada kegiatan groundbreaking ini melalui Corporate Social Responsibility (CSR) menyerahkan Bantuan senilai Rp. 350.000.000,- (Tiga Ratus Lima Puluh Juta Rupiah) untuk pembuatan Sumur Bor dan Saluran Jaringan Air Bersih Kerumah Warga Masyarakat.

Agus Supriyono selaku VP CSR KAI menyampaikan bantuan sarana air bersih ini di awali dengan melakukan kerjasama dengan kontraktor dan tim Geologi dari UPN untuk mencari sumber mata air. Harapannya mata air yang akan di bor ini dapat mensuplay untuk 200 kepala keluarga di Desa Sampang.

Ia juga menambahkan dengan pembuatan sumur bor dan pipanisasi ini dapat menjadi solusi air bersih masyarakat setempat saat musim kemarau.

Suharman selaku Kepala Desa Sampang berterimakasih atas Wakaf mata air yang akan menghapuskan air mata untuk masyarakat Desa Sampang, Gendangsari. Air dari sumur bor nantinya akan disimpan di tangki penampungan air yang nantinya akan disalurkan ke seluruh masyarakat.

Bagong selaku masyarakat Mongkrong menyampaikan di dusunnya sudah mengalami musim kemarau selama 6 bulan, mereka selama ini membeli air bersih untuk keperluan setiap hari. Ia merasa senang sekali mendapatkan bantuan ini, dan berharap semoga bantuan ini bisa mencukupi kebutuhan air harian untuk 200 kepala keluarga di Desa Sampang.

“Saya senang banget, biasanya kami hanya mandi sehari sekali dengan seember air, saya berharap dengan bantuan ini bisa untuk mencukupi lebutuhan air untuk masyarakat setiap harinya” ungkapnya.

Sumber : Headline