Jakarta – Perum Perumnas siap mendukung program Gubernur baru DKI Jakarta yang diprediksikan diemban oleh Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya bekerjasama membangun dan menata rumah susun dan rumah kumuh di Jakarta untuk menjadi hunian murah layak huni dan sehat.

“Pasti, kalau sudah resmi terus menawarkan kerjasama dalam mengembangkan pemukiman di Jakarta,” kata Direktur Utama Perumnas Himawan Arief Sugoto saat dihubungi wartawan, Jumat (21/9/2012).

Himawan mengaku, meskipun Perumnas masih berbentuk Perum tapi dalam 1 hingga 2 bulan kedepan Perumnas siap menjadi PT Perumnas (Pesero) yang memungkinkan bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta. Ia juga mengaku pihaknya sangat senang bila bisa bekerjasama mengatasi persoalan pemukiman di Jakarta.

“Perumnas bisa bekerjasama karena revisi PP Perumnas yang baru, sudah diproses dan dibahas nanti memungkinkan perumnas kerjasama dengan pemda untuk menata pemukiman,” imbuhnya.

Nantinya, model kerjasamanya Perumnas bisa berkontribusi dalam membangun dan menata rumah atau rusun dan Pemprop DKI Jakarta menyediakan lahan. “Pembiayaan akan disusun kemudian,” tambahanya.

Himawan mengaku Perumnas pernah berkerjasama dengan Jokowi saat menjabat Walikota Solo. Sehingga Ia optimistis kerjasama antar BUMN dan Pemprop DKI jakarta bisa berjalan dengan baik.

“Kita pernah di Solo artinya dalam pengembangan perumahan di Solo juga kita berinteraksi dengan pemerintah Solo,” pungkasnya.