JAKARTA, KONTAN.co.id . Perum Perumnas berencana membangun 100.000 unit rumah per tahun mulai 2013. Perumnas saat ini tengah mempersiapkan rencana bisnis tersebut.

Direktur Utama Perum Perumnas Himawan Arief Sugoto mengungkapkan mereka sudah menyiapkan lima langkah strategis untuk mencapai target tersebut. Baik secara internal maupun eksternal perusahaan.

Beberapa pembenahan internal Perumnas diantaranya adalah pertama, merekrut karyawan baru yang punya kompetensi. Kedua, membentuk anak usaha untuk memperkuat portofolio bisnis Perumnas. Ketiga memperbesar pendanaan dengan mencari pinjaman pihak ketiga.

Untuk langkah ketiga ini, Perumnas tengah berupaya mendapatkan dana public service obligation. Keempat adalah menegosiasikan utang rekening dana investasi (RDI) perusahaan yang sebesar Rp 350 miliar supaya Kementerian Keuangan bisa merestrukturisasi utang tersebut.

Upaya eksternal, atau langkah kelima adalah memanfaatkan lahan pihak ketiga. “Misalnya milik pemda, swasta, atau BUMN lainnya untuk menambah landbank perusahaan,” katanya akhir pekan kemarin.

Menurut Himawan, lahan milik Perum Perumnas saat ini sebanyak 1.900 hektar yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Nah, sinergi dengan pihak ketiga seperti BUMN perkebunan dan transportasi di Sumatera, Surabaya, Jakarta, dan Yogyakarta diharapkan bisa menambah lahan (landbank) perusahaan hingga 1.000 hektar.