Jakarta (ANTARA) – Perum Perumnas siap bekerja sama dengan Pemda DKI Jakarta untuk membangun rumah susun bagi para korban banjir di wilayah Ciliwung.

“Kami siap bekerja sama dengan catatan lahan yang akan dijadikan lokasi rusun sudah tersedia,” kata Direktur Utama Perumnas, Himawan Arif Sugoto, di sela Rapat Kerja Pemerintah 2013 di Jakarta Convention Center, Senin.

Menurut Arif, Perumnas siap mengerahkan segala kemampuan dan pengalamannya membangun rusun demi membantu warga bantaran Kali Ciliwung yang menjadi korban banjir.

“Sinergi ini akan bermanfaat langsung bagi warga dan menjadi jalan keluar bagi Pemda dalam mengatasi berbagai kendala penataan bantaran Ciliwung,” ujarnya.

Meski demikian Arif belum merinci lebih lanjut mengenai jumlah rusun yang akan dibangun, termasuk lokasi rusun.

Ia hanya menjelaskan, dengan ketersediaan lahan dan sinergi kedua pihak maka akan Pemda DKI menata kawasan Ciliwung, dan warga terbantu karena memiliki tempat tinggal yang sangat layak.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan akan membangun rusun di kawasan Pasar Rumput untuk menampung lebih kurang enam ribu kepala keluarga dalam rangka program penataan bantaran Kali Ciliwung.

Menurut Jokowi, rusun akan dibangun di sekitar Pasar Rumput dan lahan Dinas Teknis Pemda DKI yang dapat menampung sekitar 6.000 kepala keluarga.

Ia menuturkan, bahwa program pembangunan rusun tersebut berbeda dengan revitalisasi perkampungan yang digagas Pemprov DKI Jakarta.

Penataan Kali Ciliwung dan membangun rusun di Pasar Rumput dananya berasal dari anggaran nonteknis APBN yang dikoordinasikan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Kemenpera