Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas) berencana membangun perumahan di tengah kota. Kawasan Kemayoran dinilai sebagai area potensial untuk dikembangkan menjadi kawasan hunian di tengah terbatasnya dan mahalnya lahan di Jakarta.

Perumnas telah memasuki area kemayoran yang disebut sebagai next central business district di Jakarta sejak era 1980-an hingga awal 2000 dengan mengembangkan proyek Rusunami Bandar Kemayoran.

Awal tahun ini Perumnas hadir lagi di Kemayoran dengan Proyek Alonia Kemayoran.

Rachmana Ajie Tambunan, Project Manager Madya Kemayoran, mengatakan Proyek Alonia merupakan jawaban atas keresahan masyarakat yang ingin memiliki hunian di tengah kota dengan harga terjangkau.

“Masyarakat tidak harus ke area suburban untuk mendapatkan hunian dengan harga yang terjangkau,” terang Ajie dalam keterangan tertulis.

Bagi pengembang, ketersediaan lahan di lokasi strategis merupakan faktor kunci untuk tetap bertahan di industrinya. “Lokasi, lokasi, dan lokasi, itu yang terpenting bagi pengembang,” tegas Ajie.

Ajie menjelaskan Proyek Alonia ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu lokasi yang strategis di tengah Kota Kemayoran, terintegrasi dengan transportasi umum yakni busway dan stasiun kereta api, serta memiliki akses yang mudah dijangkau. “Proyek Alonia juga berada di sebelah gerbang tol Ancol serta dekat dengan pusat bisnis dan pusat pemerintahan,” jelas Ajie.

Dia mengatakan hunian di Proyek Alonia dibanderol dengan harga di kisaran Rp300 juta dan cicilan Rp2 jutaan. Adapun di dalam Alonia Kemayoran penghuni akan mendapatkan 50 fasilitas. Beberapa di antaranya mengadopsi konsep kekinian, seperti co-working space, mini golf, playground, pool, hanging cabana, sky garden, tranquile garden, timber bridge, gymnasium, urban farming, selain fasilitas lainnya yang bersifat umum seperti minimarket, ATM center, klinik, musala, area parkir, sekuriti 24 jam, dan CCTV 24 jam.

“Kami berharap hadirnya Alonia Kemayoran dapat menjadi angin segar dalam penyediaan hunian terjangkau di area Jakarta yang terintegrasi dengan fasilitas-fasilitas yang dapat memudahkan penghuninya beraktivitas,” tukas Ajie. (E-3)

Sumber : https://mediaindonesia.com/read/detail/283920-perumnas-hadirkan-hunian-di-tengah-kota