PRESS RELEASE

PERUMNAS DORONG SINERGI DENGAN PEMDA

WUJUDKAN PROGRAM PEMBANGUNAN SATU JUTA RUMAH

MAGELANG, 11JUNI 2015

A�

Ground breaking program satu juta rumah telah di resmikan oleh Presiden Joko Widodo di Ungaran serentak di 9 kota lain diantaranya di lahan milik Perumnas di Cengkareng pada 29 April 2015, Acara Ground breaking tersebutmerupakan tonggak awal dimulainya program pembangunan satu juta rumah di Indonesia. Dalam rangka mewujudkan program tersebut Perumnas sebagai Badan usaha milik negara (BUMN) yang memiliki peran sebagai pengembang perumahan rakyat terus berperan aktif mendukung dan merealisasikan program tersebut diantaranya melalui kerjasama dengan berbagai Pemerintah Daerah (Pemda).

Angka backlog perumahan yang mencapai 15 juta di seluruh Indonesia merupakan tantangan besar bagi Pemerintah Pusat maupun Pemerintah daerah dalam menjamin mekanisme delivery system dan suplai hunian di Indonesia.

Minimnya suplai menjadi faktor yang harus dihadapai dalam pemenuhan kebutuhan rumah saat ini. Kebutuhan hunian mencapai 800 ribu unit/tahun sedangkan pengembang hanya dapat memenuhi 200 ribu unit/tahun. Kebutuhan masyarakat akan hunian semakin sulit terpenuhi dikarenakan harga unit rumah yang tidak terkendali mengikuti mekanisme pasar.

Himawan Arief selaku Direktur Utama Perum Perumnas menegaskan kendala utama yang dihadapi dalam melaksanakan program pembangunan satu juta rumah adalah masalah suplai hunian dikarenakan harga lahan yang semakin mahal dan terbatas. Untuk itu Perumnas telah melakukan kerjasama dengan 24 kabupaten/kota dengan total pembangunan 5.871 unit rumah hingga bulan Januari 2015.

Melanjutkan program sinergi pembangunan rumah rakyat Perumnas bersama-bersama dengan Bank BTN dan jajaran Pemerintah daerah kabupaten/Kota Magelang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Temangung dan Kabupaten Wonosobo melakukan kegiatan sosialisasi program kerjasama pembangunan satu juta rumah yang diselenggarakan di Hotel Artos Kota Magelang.

Ir. Soejadi Anggota DPR RI Komisi V yang membidangi perhubungan,komunikasi, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, pembangunan pedesaan dan kawasan tertinggal mendukung penuh program kerjasama tersebut, ini merupakan angin segar bagi Pemerintah daerah Kabupaten/Kota untuk memanfaatkan lahan-lahan potensialnya dalam rangka meningkatkan nilai dan fungsi lahan dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Terdapat berbagai macam pola kerjasama yang dapat diakukan oleh Pemda dan Perumnas,A� pembangunan bisa dilakukan di lahan milik Pemda atau di lahan milik Perumnas dengan ketentuan kerjasama dan analisa pasar yang terlebih dahulu disepakati oleh kedua belah pihak, tambah Muhammad Nawir selaku Direktur Pemasaran Perumnas.

Diharapkan kerjasama antara Perumnas dengan Pemerintah daerah ini dapat mejadi inspirasi dan dilakukan di Kabupaten/Kota lain dalam rangka pemenuhan hunian rakyat melalui program pembangunan satu juta rumah di Indonesia.

 

HUMAS PERUMNAS