PENANDATANGANANA� PERJANJIAN PENDIRIAN

PERUSAHAAN PATUNGAN ANTARA PTPN-II (PERSERO)

DENGAN PERUM PERUMNAS

Bhatara Moeda Nasution Direktur Utama PTPN II (Persero) dan Himawan Arief Sugoto, Direktur Utama Perum Perumnas menandatangani perjanjian pendirian perusahaan patungan yaitu PT NUSA DUA BEKALA yang dimaksudkan sebagai perusahaan yang mengelola asset (asset management) dan PT PROPERNAS NUSA DUA sebagai perusahaan property (Developer Management) disaksikan oleh Deputi Kementerian BUMN bertempat di Hotel Borobudur Jakarta hari Kamis, 20 Desember 2012.

Perjanjian pendirian perusahaan patungan ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman (MoU) antara PTPN II (Persero) dengan Perum Perumnas pada tanggal 15 Desember 2011 yang lalu di kantor kementerian BUMN Jakarta.

Hal yang mendasari sinergi antar BUMN ini adalah Kewajiban PTPN II (persero) terhadap karyawan yang telah pension maupun yang akan pension berupa santunan hari ua yang sangat besar sehingga PTPN II (Persero) memberikan alternative kompensasi santunan Hari Tua tersebut kepada karyawan dalam bentuk rumah siap huni berkerjasama dengan Perum Perumnas sebagai BUMN yang telah berpengalaman membangun perumahan dan pemukiman di seluruh Indonesai yang diharapkan memberikan solusi perumahan pemanfaatan lahan non produktif di lahan eks kebun Bekala Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang.

Pemanfaatan tersebut selaras dengan Peraturan Presiden No. 62 tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Medan, Binjai, Deli Serdang dan Tanah Karo (Mebidangro) yang mengatur peruntukan kawasan termasuk lahan eks. Kebun Bekala untuk perumahan.

PT. NUSA DUA BEKALA (Asset Management) memiliki kepemilikan saham sebagai berikut : PTPN II (Persero) dengan 99 % kepemilikan saham dan Perum Perumnas dengan 1 % kepemilikan saham. PT. NUSA DUA BEKALA ini nantinya akan mengelola lahan eks kebun bekala dengan status tanah HGU seluas A� 854,26 Ha yang terletak di Desa Simalingkar Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang dengan mengatur penggunaan dan melakukan lokalisasi (ring fence).

PT PROPERNAS NUSA DUA (Developer Management) memiliki saham sebagai berikut : Perum Perumnas dengan 51 % kepemilikan saham dan PTPN II (persero) dengan 49% kepemilikan saham. PT. Propernas Nusa Dua nantinya akan melaksanakan perencanaan, pengembangan, pembangunan dan pengelolaan kawasan perumahan serta pengembangan kawasan komersil, pendidikan, rumah sakit dan fasilitas lainya bagi karyawan PTPN II (Persero) dan masyarakat Umum.

Pendirian perusahaan patungan tersebut merupakan wujud sinergi business to business antar BUMN melalui kerjasama dengan Perum Perumnas sebagai mitra strategis yang memiliki kemampuan, kesanggupan dan komitmen yang baik serta berpengalaman melalui suatu proses yang memenuhi standard an prinsip Good Corporate Governance (GCG) dan selanjutnya perusahaan patungan ini diharapakan dapat memberikan kontribusi besar bagi PTPN II (Persero) dan Perumnas, dan tentunya bagi Negara.