Pengembangan kawasan berkonsep transit oriented development (TOD) alias pengembangan kawasan terpadu dekat tempat-tempat pemberhentian tengah gencar dilakukan sejumlah pengembang.

Tujuannya adalah mendekatkan masyarakat dengan akses transportasi umum. Hunian berkonsep nempel stasiun ini bisa ditemukan di ajang pameran property bergengsi Indonesia Property Expo 2018 yang akan dimulai besok (22/9) di JCC besok.

Setidaknya ada 3 hunian terintegrasi transportasi di 3 lokasi yang dibangun oleh perusahaan pelat merah Perumnas dan dipamerkan dalam pameran tahunan tersebut.

Direktur Pemasaran Perum Perumnas Anna Kunti mengatakan, proyek terintegrasi transportasi tersebut menyasar masyarakat yang berlokasi di Jakarta dan sekitarnya.

“Kalau sebelumnya Mahata Tanjung Barat dan Margonda sudah kami perkenalkan ke masyarakat, maka saat ini kami memperkenalkan proyek serupa di lokasi lainnya yaitu Stasiun Rawa Buntu, Tangerang Selatan,” kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (21/9/2019).

Beberapa proyek Perumnas lainnya yang akan meramaikan IPEX 2018 diantaranya adalah hunian vertikal seperti Sentraland Cengkareng, Grand Sentraland Karawang, Akasa Kemayoran dan Sentra Timur Residence.

Sedangkan, untuk hunian rumah tapak seperti Perumnas Dramaga, Perumnas Parung Panjang, dan Sentraland Boulevard.

Perumnas menawarkan hunian rumah modern mulai dari harga Rp 190 jutaan. Baik itu hunian vertikal terintegrasi transportasi, hunian yang nyaman akan lingkungan ataupun rumah landed menggunakan sistem precast (beton pra-cetak).

Khusus untuk unit Rusunami terdapat persyaratan yang diterapkan, yaitu diprioritaskan bagi masyarakat yang belum memiliki rumah. Selain itu maksimum penghasilannya sebesar Rp 7 juta per bulan.

“Jadi gaji maksimum Rp 7 juta dan belum punya rumah. Lalu belum pernah berutang pada bank untuk membeli rumah, tidak mempunyai tanah warisan. Jadi benar-benar orang yang belum punya rumah. Sehingga, bisa diberi fasilitas FLPP,” kata Anna Kunti.

Hunian yang bekerjasama dengan PT Kereta Api (Persero) ini memiliki konsep terintegrasi transportasi kereta api di 3 stasiun dan menjadi salah satu hunian paling terjangkau yang dibangun oleh Perumnas untuk diserap masyarakat apabila dibandingkan hunian di sekitarnya.

“Perumnas senantiasa memberikan keunggulan terbaik sebagai penyedia pembangunan hunian yang sangat concern tidak hanya pada kualitas bangunan dan harga, tetapi juga pada perkembangan pembangunan fisik proyek sebagai kenyamanan untuk konsumen,” tutup Anna Kunti. (dna/zlf)

Sumber : https://bit.ly/2xPFCbO