Jakarta- Sesuai aturanya, Pemerintah menugaskan Perumnas untuk menyediakan rumah untuk rakyat. Dengan semangat baru, Perumnas siap mensukseskan program Merumahkan Rakyat yang dicanangkan Kabinet kerja JKW.

Salah satu maksud dan tujuan didirikanya Perumnas sesuai PP 15/2004 adalah untuk melaksanakan tugas-tugas tetu yang diberikan pemerintah, terutama dalam rangka pemenuhan kebutuhan perumahan bagi golongan masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR). Ditengah kondisi tingginya backlog dan semrawutnya kondisi penyediaan rumah murah untuk rakyat, sangat tepat sekali kalau pemerintah JKW akan lebih memberdayakan Perumnas dalam program untuk Percepatan penyediaan Perumahan Rakyat.

Sejak didirikan tahun 1974, Perumnas pada dasarnya sudah bertugas merumahkan rakyat, khususnya untk golongan menengah kebawah. Langkah ini sudah dibuktikan sejak tahun 1974, Perumnas pada dasarnya sudah bertugas untuk merumahkan rakyat, khususnya untuk golongan menengah kebawah. Langkah ini sudah dibuktikan sejak tahun 80an, Perumnas selalu hadir sebagai pelopor di setiap lokasi baru dalam membuka kawasan perumahan baru untuk rakyat. a�? Tidak sedikit kawasan kota perumbuhan baru yang kini berkembang pesat awalnya adalah rintisan Perumnas. Sebutlah sebagai contoh di wilayah Jabodetabek adalah kota Depok yang kini semakin berkembang, Jelas Himawan Arief Sugoto, Direktur utama Perumnas.

Masih banyak lagi kota rintisan Perumnas yang kini menjadi ikon pertumbuhan. Belakangan Perumnas bukan hanya membangun perumahan tapak atau landed saja, namun juga membangun rumah susun. Hasil karya Perumnas sudah tersebar diseluruh kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, Palembang, Bandung dan Surabaya.

Sejak Reformasi, perhatian Pemerintah trhadap Perumnas memang sedikit menurun. Perumnas seolah dilepas supaya tidak hidup tanpa bantuan dan dukungan . akibatnya prestasi Perumnas semakin menurun dan terus merosot. Posisi terendah yang dialami perumnas terjadi di tahun 2007. Kinerja perusahaan pengembang milik pemerintah ini benar-benar terpuruk.

Beruntung segera setelah dilakukan pembenahan melalui perombakan total. Seluruh Direksi diganti. Beberapa konsep dan kebijakan perusahaan juga dibenahi. Pelan namun pasti Perumnas kembali bangkit dan memperlihatkan kemampuanya kembal. Terbukti ketika pemerintah mencanangkan program 1000 menara Rusunami di era KIB jilid 1, Perumnas berhasil membangun sejumlah rusunami seperti di Cengkareng dan ini merupakan proyek rusunami pertama yang diresmikan Presiden SBY waktu itu

Dalam KIB Jiid 1, harus kita akui saat itu Jusuf Kalla (JK) waktu itu sebagai Wapres sangat perhatian dalam memdorong program 1000 menara rusunami. Bahkan topping off proyek Rusunami yang dibangun oleh Perumnas di Kemayoran, langsung dilakukan oleh JK. Sayangnya setelah JK tidak lagi menjabat sebagai Wapres, program 1000 menara ini sekan mati suri dan hilang dari peredaran.

Saat ini, di eraJKW kebetulan JK kembali dipercaya sebagai wakilnya. Kita semua berharap dan yakin program 1000 menara Rusunami kembali bergairah dan dihidupkan kembali. Karena program ini dicangkan oleh JK sendiri, tidak tertutup kemungkinan program ini akan dilanjutkan kembali. a�? selain itu beliau sangat perhatian terhadap hunian rakyat, saat ini backlog rumah sangat tinggi, Sambung Tumiyo, Dewan Pengawas Perumnas.

Tumiyo Optimis, meskipun nomenklatur Kemenpera sudah ditiadakan dan digabung dengan Kemen PU, ia yakin program merumahkan rakyat justru menjadi prioritas. Oleh sebab itu guna menyongsong Program Kabinet JKW dalam merumahkan rakyat, Perumnas sudah mempersiapkan kiat kiatnya, baik program maupun kebijakan yang diharapkan.

Dari sejumlah program dan dukungan (liat Tabel), Perumnas yakin mampu mendukung program Merumahkan Rakyat dalam kabinet kerja JKW.

Perumnas siap ditugasi sebagai pelaku utama penyediaan perumahan rakyat, baik untuk pembangunan rumah sederhana, Rusunami maupun Rusunawa selama ada dukungan kebijakan lahan kebijakan pembiayan maupun kebijakan khusus.

Sumber : Property & Bank