Perumahan murah biasanya identik dengan kualitas material bangunan yang pas-pasan. Padahal, anggapan tersebut tidak selamanya benar. Pihak pengembang properti dengan reputasi terpercaya tentu menggunakan kualitas material terbaik di kelasnya untuk membangun rumah subsidi.

Meski demikian, urusan selera tentu kembali kepada masing-masing pemilik rumah. Tidak sedikit yang ingin mengubah tampilan rumah agar lebih sesuai dengan selera pribadi. Salah satu cara paling mudah menyesuaikan tampilan rumah adalah mengubah warna cat.

Sahabat Perumnas leluasa mengubah warna cat agar rumah kelihatan lebih menarik dan nyaman. Namun, jangan lupa ikuti kiat-kiat ampuh berikut agar cat tembok Sahabat Perumnas lebih tahan lama.

  • Pastikan Tembok Kering

Tembok yang mengalami rembes pasti memiliki tekstur lembab. Tigginya kelembapan tembok akan memengaruhi daya tahan cat. Tak mengherankan jika tembok yang baru dicat bisa mengelupas dan tidak tahan lama.

Sahabat Perumnas harus memastikan tembok dalam kondisi benar-benar kering sebelum dicat. Jangan lupa perbaiki sistem talang air yang berdekatan dengan tembok. Ini agar tidak ada lagi rembesan air yang memengaruhi tekstur tembok.

  • Lakukan Pengelupasan Tembok

Kotoran, debu, dan minyak yang menempel di tembok juga memengaruhi ketahanan cat. Sahabat Perumnas sebaiknya melakukan pengelupasan sisa-sisa cat dan kotoran sebelum mengaplikasikan cat baru. Ini agar daya lekat cat tembok baru semakin maksimal dan lebih tahan lama. Meski perumahan murah biasanya bangunan baru, tidak ada salahnya melakukan ini untuk menjaga ketahanan cat baru.

  • Hindari Mencairkan Cat Berlebih

Untuk menghemat, biasanya cat tembok akan dicairkan dengan air. Padahal, terlalu banyak mencampur cat dengan air malah akan mengurangi daya rekat cat tembok. Sebaiknya cairkan cat secukupnya saja agar daya rekat dan daya tutupnya tetap maksimal.

  • Pilih Cat Tembok Berkualitas

Jika Sahabat Perumnas memiliki dana memadai, tidak ada salahnya mempertimbangkan cat khusus yang tahan perubahan cuaca. Walaupun harganya terbilang lebih mahal, tetapi daya tahan cat tembok khusus ini tergolong sangat baik. Cat tembok khusus yang mengandung zat antijamur sangat cocok digunakan di daerah dengan curah hujan dan kelembapan tinggi.

  • Bersihkan Tembok secara Teratur

Paparan debu dan tumpahan cairan tertentu bisa melekat di tembok jika tidak segera dibersihkan. Lain halnya jika Sahabat Perumnas segera membersihkan tembok yang baru terkena noda. Cara ini juga akan membuat cat tembok lebih awet karena tidak terpengaruh sisa-sisa noda yang melekat di permukaannya.

Mempercantik rumah di perumahan murah terbukti tidak sulit. Berbekal sedikit dana dan teknik yang tepat, hunian kesayangan Sahabat Perumnas akan terlihat lebih menarik dan nyaman dengan cat tembok berkualitas.

Baca Juga :A�Persepsi Keliru tentang Penjualan Perumahan Murah

Sumber:

depobangunan.co.id/harus-dipahami-sebelum-mengecat.html

properti.kompas.com/read/2013/06/29/1258496/Inilah.5.Cara.Cat.Kamar.Mandi.Tahan.Lama.

nasional.kompas.com/read/2011/05/20/13261021/Mengapa.Dinding.Baru.Dicat.Sudah.Mengelupas

internasional.kompas.com/read/2009/08/03/16575181/Kiat.Tepat.Pilih.Cat