VIVAnews – Perum Perumnas akan membangun 520 unit rumah bagi wartawan. Lokasi pembangunan rumah di lahan seluas 354 hektare itu di Bumi Parung Panjang, Bogor.

Direktur Pemasaran Perumnas, Muhammad Nawir, menjelaskan, permohonan kepemilikan rumah itu atas inisiasi Kementerian Perumahan Rakyat. Ia mengharapkan, pembangunan itu akan ditunjang program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Dia menjelaskan, persyaratan untuk memiliki rumah khusus bagi wartawan itu sama dengan mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR) pada umumnya. Perumnas akan meminta booking fee atau tanda jadi pembelian rumah FLPP ini kepada calon pembeli.

Syarat lainnya yaitu melengkapi surat keterangan gaji, fotokopi kartu pers, surat keterangan karyawan dari kantor masing-masing, dan juga keanggotaan Jamsostek.

Pihak Perumnas menargetkan wawancara kedua dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk akan dilakukan pertengahan hingga akhir Desember. “Program ini berbatas waktu. Oleh karena itu, kami meminta wartawan yang berminat untuk mengajukan permohonan,” ujar Nawir di Bogor, Kamis 6 Desember 2012.

Nawir menjelaskan, wartawan yang berminat diharapkan secepatnya mengajukan permohonan ke kantor Perum Perumnas di Cawang, Jakarta Timur.

Menurut dia, untuk kawasan tersebut, dari lima sektor yang dimiliki Perumnas, baru dua sektor yang terbangun dan ditempati oleh empat ribu kepala keluarga. (art)