Jakarta Detik Finance – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan punya pesan khusus kepada Perum Perumnas dalam mengatasi persoalan pemukiman kumuh DKI Jakarta. Dahlan mendorong perusahaan pelat merah itu untuk segera menghadap Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Utama Perumnas Himawan Arief Sugoto mengaku pihaknya didorong oleh Dahlan untuk membantu pemprov DKI Jakarta mengatasi persoalan pemukiman kumuh.
“Bagaimana berupaya membantu Pemda DKI kembangkan penataan rumah kumuh, dicari lahan-lahan yang punya BUMN, supaya bisa dibangun rumah susun yang murah bagi masyarakat,” kata Himawan saat ditemui di Kantor Pusat Perumnas, Jakarta, Selasa (16/10/2012).

Bahkan dalam waktu satu sampai dua minggu ke depan, Himawan bersama jajaran petinggi Perumnas akan bertemu dengan Gubernur baru DKI, Jowo Widodo untuk membahas program perumahan.

“Intinya pemda DKI bisa berkoordinasi. Kami mohon waktu beliau (Jokowi) satu sampai dua minggu ke depan,” tambahnya.

Pada tempat yang sama, Dahlan juga meminta Perumnas membangun rumah sehat untuk masyarakat yang tinggal di kawasan kumuh Jakarta.

“Cari di Jakarta, wilayah yang sangat kumuh dibangun Perumnas dengan syarat ringan, kita pilih sajalah 1-3 RT yang sangat kumuh lalu dibenahi,” papar Dahlan.

Selain itu, ia juga meminta Perumnas untuk secara aktif membantu program rumah murah dari Kementerian Perumahan Rakyat. “Saya minta lebih sungguh lagi membantu menteri perumahan rakyat,” pungkasnya.