Jakarta, 23 September 2019 – Bank Mandiri terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui sinergi strategis antar BUMN. Kali ini perseroan berkolaborasi dengan Perum Perumnas dalam penyediaan jasa perbankan untuk pembiayaan pembelian perumahan (KPR) kepada end-user dan first buyer di 45 proyek perumahan yang tersebar di seluruh Indonesia. Adapun plafon pembiayaan yang disiapkan mencapai Rp 900 miliar.

Penandatanganan perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh Direktur Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan Simatupang dan Direktur Pemasaran Perum Perumnas Anna Kunti Pratiwi di Jakarta, Senin (23/9).

Donsuwan Simatupang menjelaskan, pihaknya sangat optimis dengan kerjasama ini karena menawarkan sejumlah keuntungan bagi masyarakat, antara lain suku bunga yang lebih kompetitif, proses yang lebih cepat (Instant approval) serta potensi mendapatkan hunian terbaik di lokasi premium. Program ini berlaku untuk pembelian rumah tapak dan apartemen

“Kami berharap kerjasama ini dapat semakin meningkatkan penetrasi bisnis perseroan di sektor pembiayaan kepemilikan rumah. Apalagi, saat ini kami juga tengah menawarkan sejumlah program promo menarik, seperti promo KPR milenial bagi generasi muda dan program KPR bunga rendah,” kata Donsuwan.

Hingga Agustus 2019, tambahnya, pihaknya telah menyalurkan KPR dengan outstanding sebesar Rp 42,96 triliun, tumbuh 3,45% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Kami menyambut baik terdapatnya sinergi BUMN ini, ujar Anna Kunti di sela-sela penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Bank Mandiri dan Perum Perumnas di Plaza Mandiri (23/9).  Kami terus melebarkan sayap untuk bekerjasama dengan pihak perbankan dengan tujuan utama dapat menjangkau secara luas konsumen kami di seluruh Indonesia. Kami melihat Bank Mandiri sebagai salah satu mitra strategis kami yang memiliki jaringan kuat pada layanan perbankan hingga pelosok nusantara. Kami yakin hal itu akan mendukung proyek-proyek kami di setiap pelosok Indonesia dalam mendapatkan kemudahan bagi potensial konsumen kami pada layanan KPR salah satunya, ujar Anna.

Perjanjian kerjasama ini merupakan tahap pertama bagi Perumnas dan Bank Mandiri dengan menghadirkan 45 proyek Perumnas, dengan konsep rumah tapak, yang tersebar di 40 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Kedepannya kami akan melibatkan proyek strategis kami yang berkonsep high rise, lanjutnya. 45 proyek Perumnas tersebut menandakan usia Perumnas yang baru saja berulang tahun yang ke 45.

Pada portfolio bisnis Perumnas, konsep rumah tapak masih menjadi backbone dengan porsi hingga 60% atas keseluruhan produk yang Perumnas tawarkan, dan kami melihat  konsep ini adalah masih primadona bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Kami menargetkan sekitar 3,200 unit hunian yang setara dengan Rp 1,119 triliun untuk konsep rumah tapak terserap di tahun ini. Dan melalui kerjasama ini, diharapkan dapat mendorong percepatan pencapaian target tersebut tegas Direktur Pemasaran Perum Perumnas,  Anna Kunti Pratiwi.

Market Milenial merupakan tantangan kami kedepannya. Menciptakan konsep hunian terintegrasi yang kekinian adalah strategi kami kedepannya. Beragam balutan kerjasama dengan BUMN telah kami tempuh guna untuk mendukung strategi tersebut. Tujuan akhir kami adalah bagaimana menghadirkan rumah terjangkau di tengah-tengah kota besar di Indonesia, dengan beragam tantangan yang dihadapi diantaranya keterbatasan lahan, harga lahan yang semakin meroket setiap tahunnya dan sebagainya, paparnya.

Perhatian khusus kami bagi para generasi milenial juga ditandai dengan terdapatnya alokasi hunian subsidi sekitar 20 hingga 30% yang ditujukan bagi masyarakat menengah bawah dari setiap proyek yang tengah dikembangkan tanpa terkecuali. Kami berharap dengan kerjasama dengan Bank Mandiri ini, kedepannya potensial konsumen Perumnas di semua segmen dan seluruh lokasi di Indonesia dapat terlayani baik, dan sinergi pada konsep hunian High Rise akan terwujud dalam waktu dekat, tutup Anna.

Tentang PT Bank Mandiri (Persero), Tbk.

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, SME, Micro, Consumer Banking serta Treasury. Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beberapa perusahaan anak untuk mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Mandiri (perbankan syariah),Bank Mandiri Taspen/Mantap (Kredit UMKM),AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), Mandiri AXA General Insurance (asuransi umum), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe Limited (treasury & financial institution) dan Mandiri Capital Indonesia (Pembiayaan modal ventura).

Hingga September 2019, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 4.469 jaringan kantor, meliputi 2.624 cabang dan 1.845 jaringan mikro. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 18.291 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14000.

Informasi detail tentang Bank Mandiri bisa diakses  melalui www.bankmandiri.co.id

Tentang Perum Perumnas

Perumnas merupakan salah satu BUMN yang mempunyai tugas pokok menyediakan perumahan dan pemukiman bagi masyarakat menengah ke bawah. Beberapa kawasan pemukiman skala besar telah dibangun melingkupi area Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi yang kini telah berkembang, menjadi kota baru dan berfungsi sebangai kota penyangga ibukota Jakarta. Dengan memiliki cakupan area operasional dari sabang sampai marauke, Perumnas terbagi menjadi 8 regional strategis. Perumnas telah membangun di lebih dari 187 kota dan 400 lokasi di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai perumnas, silakan kunjungi  www.perumnas.id

Keterangan lebih lanjut :

Rohan Hafas

Corporate Secretary

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Telp 021-5245740 Fax 021-5268246

Rohan.hafas@bankmandiri.co.id

Maman

Corporate Secretary

Perum Perumnas

Telp 021-819 4807 Fax 021-8193825

humas@perumnas.co.id