Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Indonesia mungkin menganggap memiliki hunian pribadi hanya sebatas impian. Melalui Program Sejuta Rumah, proses penyaluran rumah subsidi untuk MBR kini berlangsung lebih cepat dan merata. Pemerintah telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk membangun dan memasarkan unit rumah murah di beberapa kota besar di Indonesia.

Selain ketersediaan rumah subsidi, pemerintah juga menggagas program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) untuk mendukung Program Sejuta Rumah. Melalui Tapera, pemerintah mengusahakan pendistribusian rumah murah lebih merata dan tepat sasaran. Berikut beberapa alasan yang pasti membuat Sahabat Perumnas tergugah untuk memiliki Tapera.

  • Sumber Keuangan untuk Memiliki Rumah

Jika selama ini Sahabat Perumnas kerap merasa kesulitan menabung untuk membeli rumah, kehadiran Tapera akan menjadi solusinya. Tapera akan menagih iuran wajib dengan jumlah yang sama setiap bulan. Ini akan memudahkan Sahabat Perumnas untuk menyisihkan uang secara teratur untuk memiliki rumah.

  • Sarana Penyaluran Rumah Subsidi

Selama ini penyaluran rumah subsidi masih sering dimanfaatkan pihak-pihak tak bertanggung jawab. Unit-unit perumahan murah tersebut dibeli masyarakat kalangan menengah-atas untuk investasi. Dengan berpartisipasi dalam Tapera, proses penyaluran rumah murah yang diperuntukkan bagi MBR benar-benar bisa sampai kepada pihak yang tepat. Pemerintah pun memiliki data acuan mengenai penyaluran rumah murah yang berhak diterima MBR.

Baca Juga :A�Cara Mendapatkan Info Rumah Subsidi Murah

  • Bantuan Perusahaan untuk Pendanaan Tapera

Menurut informasi seputar perencanaan UU Tapera, perusahaan tempat MBR bekerja akan diwajibkan membiayai sebagian iuran Tapera untuk para pekerjanya. Namun, persentase iuran yang patut dibayarkan masih dalam tahap perencanaan.

Hal ini tentu saja menjadi kabar baik bagi MBR. Proses menabung di Tapera akan menjadi lebih efektif dan lekas mencapai jumlah maksimal berkat bantuan pembiayaan dari perusahaan.

  • Objek Investasi

MBR tentu bertujuan memenuhi kebutuhan primer melalui kepemilikan rumah pribadi. Faktanya, rumah memang merupakan kebutuhan primer sekaligus investasi. Kepemilikan rumah akan membuat kondisi finansial Sahabat Perumnas lebih stabil dan meningkatkan taraf hidup. Biaya yang biasanya dialokasikan untuk sewa rumah kini bisa dialihkan untuk kebutuhan hidup lainnya.

  • Sarana Tabungan Pensiun

Kalau Sahabat Perumnas tidak berencana membeli rumah, maka Tapera bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain. Menabung di Tapera selama masa kerja membuat Sahabat Perumnas memiliki tabungan pensiun.

Setelah memasuki masa pensiun kerja, Tapera bisa diambil untuk mendukung kebutuhan hidup di hari tua. Hal ini menjadi salah satu bentuk persiapan matang untuk masa depan. Sahabat Perumnas tidak perlu terlalu mengkhawatirkan kondisi finansial setelah pensiun nanti.

Apakah Sahabat Perumnas tergiur untuk bergegas memiliki Tapera? Jangan lupa cari informasi valid seputar Tapera untuk menambah pemahaman Sahabat Perumnas, ya.

Sumber:

rei.or.id/newrei/berita-alasan-mengapa-rakyat-butuh-tabungan-perumahan.html

properti.liputan6.com/read/2434544/ini-keuntungan-peserta-tabungan-perumahan-rakyat

tribunnews.com/lifestyle/2015/11/02/menabung-atau-investasi-rumah-bisa-dimulai-dengan-rp-250-ribu-per-bulan

economy.okezone.com/read/2016/07/01/470/1430937/keberadaan-tapera-bisa-hapus-kesenjangan-sosial-dan-backlog

economy.okezone.com/read/2016/07/01/470/1430927/tapera-solusi-bagi-yang-susah-menabung-tapi-ingin-beli-rumah