Lantai keramik adalah salah satu komponen penting dalam bangunan rumah. Selama ini banyak orang yang beranggapan rumah subsidi memiliki kualitas bahan bangunan rendah, terutama lantai keramiknya. Tentu saja hal ini tidak selalu benar. Asalkan Sahabat Perumnas telaten merawatnya, pasti lantai keramik akan menjadi awet dan terlihat seperti baru.

  • Teratur Mengepel Lantai

Mengepel lantai keramik rumah secara teratur adalah hal utama yang harus Sahabat Perumnas lakukan untuk menjaga kebersihan lantai. Biasakan mengepel lantai setidaknya dua hari sekali. Pastikan Sahabat Perumnas menggunakan produk khusus pembersih lantai agar lantai keramik bersih maksimal.

  • Cara Mudah Membersihkan Cipratan Minyak

Cipratan minyak dapat membuat lantai keramik licin. Untuk membersihkannya, Sahabat Perumnas dapat membubuhkan tepung terigu di bagian keramik yang terkena minyak. Tepung terigu dapat menyerap minyak sehingga lebih mudah dibersihkan.

Selanjutnya, sisa minyak dan tepung terigu dapat dibersihkan dengan lap kering. Agar bersih sempurna, Sahabat Perumnas bisa mengelap keramik yang sudah bersih dengan kain lap yang dibasahi sedikit air.

  • Hilangkan Bekas Goresan di Lantai

Bekas goresan pada lantai keramik ternyata juga bisa dihilangkan dengan mudah. Campurkan sedikit baking soda dengan pasta gigi hingga teksturnya mengental. Oleskan campuran tersebut di keramik yang tergores dengan kain basah. Gosok perlahan dengan agak ditekan dan lihat perubahan menakjubkan pada lantai keramik Sahabat Perumnas.

  • Perawatan Nat Keramik

Bagian nat atau sela-sela keramik biasanya juga menjadi sarang debu, lumut, dan kotoran lain. Karena itu, Sahabat Perumnas harus teratur membersihkan nat keramik agar tidak tampak kusam.

Gunakan campuran cuka dan sedikit baking soda untuk mengangkat noda dan kotoran dari nat keramik. Bila noda dan kotoran membandel, gunakan sikat yang teksturnya agak keras supaya proses pembersihan lebih maksimal.

  • Halau Bakteri dan Jamur

Mengepel lantai keramik saja tak cukup untuk menghalau serangan bakteri dan jamur. Sahabat Perumnas bisa menggunakan cairan pembersih lantai antibakteri atau pembersih lantai dengan sistem uap. Perawatan intensif ini hanya perlu Sahabat Perumnas lakukan satu minggu sekali agar kebersihan dan keindahan lantai keramik tetap terjaga.

Kini Sahabat Perumnas tidak perlu lagi mengeluhkan lantai keramik yang kurang berkualitas. Rumah subsidi dengan lantai keramik bersih, sehat, dan kuat pasti akan terasa nyaman. Aktivitas yang dilakukan di rumah bersama keluarga pun kian menyenangkan.

Baca Juga :A�Cara Mendapatkan Info Rumah Subsidi Murah

Sumber:

cleanipedia.com/id/lantai-karpet-langit-langit/cara-membersihkan-marmer-perawatan-lantai-granit

cleanipedia.com/id/kamar-mandi-dapur/cara-membersihkan-nat-keramik-ubin

properti.liputan6.com/read/2456099/tips-cerdas-memperbaiki-keramik-lantai-rumah

majalahasri.com/cara-praktis-dan-alami-membersihkan-noda-pada-keramik/