Jakarta – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II bersama Perum Perumnas bakal membangun 17 ribu rumah di Desa Simalingkar Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Sebanyak 10 ribu pegawai PTPN sudah mengincar.

Direktur Utama Perum Perumnas Himawan Arief Sugoto mengatakan, rumah yang dibangun di atas lahan HGU seluas 854,26 Ha tersebut dibangun untuk masyarakat golongan menengah ke bawah.

“Ada 10.000 karyawan PTPN yang sudah berminat, tetapi kita lihat nanti perkembangannya seperti apa,” kata Himawan di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (20/12/2012).

Salah satu tujuan dibangunnya hunian tersebut adalah untuk memberikan alternatif kompensasi kepada karyawan dalam bentuk rumah siap huni. Untuk pembangunan tahap awal yang dimulai April 2013, Himawan mentargetkan sebanyak 800 unit hunian akan dibangun .

“Tahap awal 800 unit dulu itu untuk menengah ke bawah dulu yang kita bangun. Pembangunannya baru dimulai April 2013,” tuturnya.

Proyek yang dibangun atas prakarsa kerjasama kedua BUMN ini ditargetkan rampung 10 tahun kemudian. Mengenai permodalan, beberapa bank nasional siap membiayai pembangunan perumahan siap huni tersebut.

“Kita targetkan 10 tahun rampung untuk 17.000 rumah. Tetapi bertahap, tahap pertama 800 unit dulu dan kita punya 5 tahap pembangunan. Untuk permodalan ada BRI, BTN dan CIMB Niaga,” jelas Himawan.