Rencana Kerja Sama Perumnas dengan Surbana Jurong

 

Jakarta, 10 Maret 2017 – Pertumbuhan pasar properti di Indonesia tampaknya menarik minat banyak investor dari negara lain untuk ikut mengembangkan kerjasama bisnis properti di negeri ini. Surbana Jurong yang tergabung dalam Holding Temasek BUMN di Singapura, melirik Indonesia sebagai salah satu tujuan investasi khususnya dalam pengembangan hunian dan Kawasan. Bekerjasama dengan Perumnas, Surbana Jurong berharap dapat mengembangkan bisnis bersama untuk meningkatkan suplai hunian bagi masyarakat. Melihat portofolio Perumnas sebagai badan usaha milik negara yang telah bergelut selama 42 tahun dalam penyediaan perumahan nasional serta berbagai inovasi yang telah dilakukan dalam upaya percepatan pembangunan perumahan dan kawasan, Surbana Jurong berharap dapat membangun sinergi melalui kerja business to business antar kedua perusahaan.

Surbana Jurong berharap dapat menjalin hubungan kerja sama dengan Perumnas untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam hal pengembangan kota. Perusahaan ini juga sangat percaya bahwa Perumnas memiliki kapabilitas yang sangat baik dalam hal tersebut, hal ini terbukti dengan berkembangnya kota baru penyangga Ibu Kota Jakarta seperti Depok, Tangerang dan Bekasi. Penawaran kerja sama ini tentu disambut baik oleh Perumnas karena memiliki kesamaan keinginan dalam pengembangan pemukiman yang terjangkau bagi masyarakat.

Bertempat di Kantor Pusat Perumnas diselenggarakan rapat pembahasan kerja sama dengan Surbana Jurong pada 10 Maret kemarin, dihadiri oleh Direktur Utama, Bambang Triwibowo, beserta jajaran Direksi Perumnas dan pihak Surbana Jurong sebagai langkah awal penjajakan kerjasama kedepan. Sebagai korporasi yang sahamnya sama-sama dimiliki oleh pemerintah 100 persen, kedua perusahaan ini juga mempunyai kesamaan visi misi. Salah satunya yaitu mengubah kawasan kumuh menjadi kawasan hunian yang lebih baik. Oleh karena itu, rencana kerja sama yang akan dilakukan yaitu berupa pengembangan hunian dengan harga terjangkau untuk MBR, baik Landed Housing maupun Highrise Project.

Hal ini tentu akan semakin mendukung terealisasinya program sejuta rumah yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. “Kebutuhan akan pemukiman saat ini sudah mencapai 800ribu unit per tahun, namun realitanya supply nasional hanya berkisar 300 ribu unit per tahun”, tutur Bambang Triwibowo. Sehingga, Perumnas sebagai BUMN semakin tergerak untuk menyediakan perumahan dan kawasan dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

Tahun ini, Perumnas akan menjalankan sekitar 23 Proyek Strategis Highrise yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, Medan, Palembang, Cengkareng Jakarta, kemayoran Jakarta, bekasi, Karawang, Semarang, Surabaya dan Makssar. Perumnas juga akan berkolaborasi dengan PT KAI untuk membangun hunian dengan konsep TOD (Transit Oriented Development) di berbagai stasiun kereta dalam waktu dekat. Ini menjadi salah satu ketertarikan Surbana Jurong untuk berkolaborasi dengan Perumnas, khusunya pada berbagai proyek strategis yang akan dijalankan oleh Perumnas.

Pada intinya, penawaran kerja sama ini kedepannya akan ditindaklanjuti dengan membetuk sebuah tim. “Kami sangat berharap, kita dapat bekerja sama di Indonesia”, tutup Bambang. (Sumber: Corcomm/Yuda/Ed.Tatag)

Tentang Perumnas
Perumnas merupakan salah satu BUMN yang mempunyai tugas pokok menyediakan perumahan dan pemukiman bagi masyarakat menengah ke bawah. Beberapa kawasan pemukiman skala besar telah dibangun melingkupi area Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi yang kini telah berkembang, menjadi kota baru dan berfungsi sebangai kota penyangga ibukota Jakarta. Dengan memiliki cakupan area operasional dari sabang sampai marauke, Perumnas terbagi menjadi 8 regional strategis. Perumnas telah membangun di lebih dari 187 kota dan 400 lokasi di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai perumnas, silakan kunjungi: http://www.perumnas.co.id