Baubau, – Pada hari Kamis tanggal 17 Agustus 2017 bertempat di Kelurahan Wangkanapi Kecamatan Wolio Kodya Baubau telah di laksanakan penyerahan kunci rumah Veteran yang di bedah/di renovasi oleh Kodim 1413/Buton.

Penyerahan kunci rumah anggota veteran yang sudah di rehab/bedah tersebut diserahkan secara secara simbolis oleh Walikota Baubau Drs H.A.S Tamrin, MH kepada salah satu Pemilik rumah Veteran yang sudah di bedah an. Aziz Muna warga kota Baubau.

Walikota Baubau Drs H.A.S Tamrin, MH pada kesempatan tersebut juga menyerahkan kunci rumah secara simbolis kepada pemilik rumah Veteran yang berdomisili Wilayah Kodim 1412/Klk dan di Wilayah Kodim 1417/Kdi.

Penyerahan kunci rumah di Wilayah Kab. Kolaka di terimaoleh Pasiterdim 1412/Klk Kapten inf Dalwin sedangkan dariKadim 1417/Kendari di terima oleh Danramil Wawotobi Dim 1417/Kdi Kapten Inf Suparman.

Dalam sambutannya Danrem 143/Ho yang dibacakan oleh Dandim 1413/Buton Letkol Czi Sriyanto, mengatakan sebagaimana kita ketahui bahwa program rehab/bedah rumah veteran yang dilaksanakan di wilayah Sulawesi Tenggara merupakan hasil kerjasama antara TNI dengan Perum Perumnas sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Di wilayah Sulawesi Tenggara program rehab/bedah rumah bagi anggota legiun veteran Indonesia dilaksanakan oleh Korem 143/Ho bekerjasama dengan Perum Perumnas Regional VII Cabang Sulawesi Tenggara.

Rehab/bedah rumah yang di laksanakan di wilayah Sulawesi Tenggara berjumlah 15 Unit dengan rincian; Kab. Kolaka sebanyak 5 unit dan dilaksanakan oleh Kodim 1412/Kolaka, di Kab. Buton berjumlah 6 unit dan dilaksanakan oleh Kodim 1413/Buton dan di wilayah Kota Kendari sebanyak 4 unit dan dikerjakan oleh Kodim 1417/Kendari.

Kegiatan rehab rumah veteran yang kita resmikan pada hari ini yang bertepatan dengan HUT kemerdekaan RI ke-72 merupakan salah satu wujud rasa terimakasih dan penghargaan pemerintah kepada para veteran kemerdekaan Indonesia atas jasa-jasanya yang telah men-dharmabaktikan dirinya dalam perjuanganmerebut kemerdekaan dari tangan kolonial Belanda dan Jepang.

kita semua patut bersyukur bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena pemerintah masih memberikan perhatian dan bantuan guna memperbaiki rumah para anggota veteran agar lebih layak dan semoga kegiatan ini tetap ada di tahun yang akan datang.

Sebelum mengakhiri sambutan, secara khusus izinkan saya selaku Komandan Korem 143/Ho dan atas nama Pimpinan TNI menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Perum Perumnas terhadap pembangunan rehab/bedah rumah bagi anggota LVRI. Demikian juga kepada para Dandim serta pihak terkait yang turut membantu merealisasikan bedah rumah para anggota veteran ini, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi.

kepada para anggota LVRI Danrem 143/Ho mengatakan, dengan usainya bedah rumah ini, saya berharap semakin bersemangat menjalani kehidupan di masa purna tugasnya dan semakin bertambah rasa syukurnya sehingga mampu membina keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah.

Acara penyerahan kunci rumah rehab LVRI dihadiri oleh ; Wakil Walikota Hj. Waode Maasra Manarfa S.Sos, Ketua DPRD Kota Bau bau Ibu Roslina Rahim,Kapolres Kota Bau bau AKBP Suryo Adji S.ik, Kasilog Rem 143/Ho mewakili Danrem 143/HO, Dandim 1413/Buton letkol Czi Sriyanto M.I.R. M.A, Kepala Veteran Sultra M. Yahya beserta anggotanya berjumlah 40 orang.