JAKARTA, KompasProperti – Penghuni rumah susun sewa (rusunawa) Bumi Cengkareng Indah, Cengkareng, Jakarta Barat, diminta untuk pindah karena ada rencana peremajaan oleh Perum Perumnas.

Rusunawa ini bakal dirobohkan dan diganti dengan rusun baru. Penghuni pun bisa kembali menempati setelah pembangunan selesai.

“Memang benar ada program peremajaan rusunawa Perumnas yang sudah lebih dari 30 tahun karena kondisinya sudah tidak layak lagi,” ujar Direktur Pemasaran Muhammad Nawir kepada KompasProperti, Sabtu (15/7/2017).

Rusunawa baru yang akan dibangun, kata Nawir, rencananya lebih baik dan lengkap fasilitasnya. Peremajaan ini pun dilakukan dengan menggandeng Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Nawir mengatakan, para penghuni lama tidak perlu khawatir karena harus pindah dari rusunawa tersebut.

Pasalnya, setelah pembangunan selama kurang lebih 2 tahun, penghuni berhak untuk kembali menempati rusunawa tersebut.

Dia sekaligus membantah adanya tuduhan bahwa Perumnas tidak memberikan waktu atau sosialisasi sebelumnya.

“Sosialisasi sudah dilakukan sejak akhir tahun 2016,” sebut Nawir.

Program ini, imbuh dia, sebenarnya akan dilakukan awal 2017. Namun atas permintaan Pemprov, program ini pun diundur setelah pemilihan kepala daerah DKI Jakarta selesai.

Kemudian, warga juga meminta pengunduran setelah Lebaran dan tahun ajaran baru. “Jadi sosialisasi sudah berulang kali disampaikan,” jelas Nawir.