Kendari –A�Sedikitnya 200 peminat tercatat dalam daftar tunggu perolehan rumah subsidi yang sedang dibangun Perum Perumnas Regional VII Sulawesi Tenggara (Sultra).

Manajer Proyek Perum Perumnas Sultra, Umar Wonggo, mengatakan, saat ini sedang dalam pengerjaan lokasi untuk mempercepat realisasi pembangunan rumah subsidi.

“Lokasi pembangunan Perumnas Haluoleo cukup strategis karena hanya sekitar dua kilo meter dari bandara Haluoleo. Peminat yang masuk daftar tunggu sudah 200-an orang,” kata Umar, di Kendari, Senin (5/3).

Perum Perumnas Sultra pada 2018 memproyeksikan pembangunan 3.000 unit rumah subsidi tipe 21, 28, 36 di atas lahan seluas 36 hektare (ha) di Kabupaten Konawe Selatan, Sultra.

“Negara melalui Perum Perumnas terus mencari terobosan untuk menjawab kebutuhan rumah layak huni bagi warga negara yang beragam kemampuan,” kata Umar.

Terobosan yang dilakukan Perum Perumnas saat ini, kata dia, adalah membangun tipe rumah lebih bervariasi dengan harga yang beragam, mulai Rp100-an juta hingga Rp200-an juta.

Sesuai ketentuan pemerintah dalam hal memberi kemudahan bagi calon pengguna, adalah memberlakukan uang muka perumahan sebesar satu persen dari harga jual.

“Tidak hanya keringanan uang muka tetapi Perum Perumnas juga mengisyaratkan dana pesanan pembangunan rumah sebesar Rp 200.000. Kalau calon konsumen sudah menyeto, mereka masuk daftar prioritas untuk memiliki rumah subsidi,” kata Umar.

Sumber :A�https://goo.gl/gEZpHJ