JAKARTA – Perum Perumnas sebagai badan usaha milik negara (BUMN) di sektor pengembang perumahan khususnya untuk kelas menengah mengapresiasi langkah pemerintah terkait penyediaan infrastruktur penunjang.

Direktur Pemasaran Perumnas Muhammad Nawir mengatakan, pemerintah sudah terbilang responsif dalam memacu pengembang merealisasikan program 1 juta rumah. Selain itu, pemerintah juga sudah memberikan kemudahan dari sisi regulasi, sehingga pengembang tak mengalami banyak hambatan dalam menyediakan perumahan.

“Kami dari Perumnas misi utama mendorong perumahan MBR (masyarakat berpenghasilan rendah). Karena, pertama sudah disampaikan Pak Rido PUPR (Kepala BPIW), sebetulnya kami akui 2 tahun sudah banyak hal, dan cepat pemerintah merespons pembuatan infrastruktur, aturan untuk mendorong percepatan pembangunan rumah untuk tekan backlog,” katanya dalam diskusi ‘Kupas Tuntas Dua Tahun Program Sejuta Rumah’ di Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Selain itu, pemerintah juga sudah menganggarkan dananya untuk memberikan subsidi kepada calon pemilik rumah khususnya dari kalangan MBR. Dengan begitu, masyarakat yang selama ini mengalami kesulitan untuk memiliki tempat tinggal menjadi lebih mudah untuk menjangkau kepemilikan rumah.

“Alokasi subsidi diberikan, rumah FLPP subsidi, selisih bunga, dan subsidi uang muka Rp4 juta, itu alokasi cukup besar. Banyak sudah dilakukan di era Pemerintah Jokowi (Joko Widodo) dalam mendukung rumah MBR,” tambahnya.

Sumber : okezone.com