Perum Perumnas Regional I menyerahkan 30 asetnya kepada Pemko Pekanbaru. Langkah perusahaan tersebut patut dicontoh perusahaan lainnya.

Riauterkini – PEKANBARU – Kepala Bidang Aset Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru menyatakan bahwa setiap pengusaha properti wajib menyerahkan sebagian asetnya kepada Pemerintah Kota Pekanbaru.

Hal itu tertuang dalam permendagri nomor 9 tahun 2009 tentang pedoman penyerahan prasarana dan sarana utilitas perumahan dan pemukiman kepada pemerintah daerah.

Kewajiban ini langsung dilaksanakan oleh PERUM PERUMNAS Regional I yang membuka perumahaan Griya Sidomulyo dikelurahan Perhentian Marpuyan Kecamatan Marpoyan Damai.

“Langkah yang dilakukan Developer dari Perumahan Griya Sidomulyo patut dicontoh developer lain. Di mana PERUM PERUMNAS Regional l menyerahkan 30 persen asetnya seluras 8,8 Ha kepada Pemerintah Kota Pekanbaru,” ungkap Defino Azka Kepada Wartawan, (24/4).

Aset yang diserahkan berupa jalan lingkungan, rumah ibadah, lapangan olahraga, sekolah, puskesmas, dan jalur hijau.

“Serah terima ini langsung dilakukan dari General Manager Perum Perumnas Regional l, Susanto kepada Plt Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi. Dengan begitu aset yang diserahkan menjadi milik tanggung jawab pemerintah Kota kedepannya,” jelas Defino lagi.

Lanjut, Defino berharap kepada seluruh pengusaha properti di Pekanbaru khusunya perumahan dan pemukiman untuk taati aturan Permendagri Nomor 9 tahun 2009 ini. Sehingga seluruh fasilitas umum dan fasilitas sosial di setiap pemukiman bisa terpelihara dengan baik dan seauai dengan peruntukannya.

“Masyarakat juga boleh melaporkannya, jika ada perumahan yang tidak menyerahkan 30 asetnya maka seluruh pengajuan izinnya bakal di pending,” pungkas Defino.*** (dan)

Sumber :A�www.riauterkini.com