Siapa bilang mendapatkan rumah subsidi itu sulit. Kini kehadiran Program Sejuta Rumah akan mendukung sahabat Perumnas yang ingin segera memiliki rumah pribadi. Program yang sukses sejak 2015 ini memang mengutamakan kepentingan MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) yang membutuhkan hunian pribadi. Jika sahabat Perumnas berencana memiliki hunian pribadi pada 2016, alangkah baiknya mempertimbangkan hal-hal ini terlebih dahulu.
Bunga KPR
Hal yang satu tentu jadi pertimbangan utama ketika mengajukan KPR adalah bunganya. Menurut hasil survei yang dilakukan Indonesia Property Sentiment Survey H2 pada 2015, ada 66 persen responden yang mengaku stabilitas suku bunga menjadi pertimbangan utama dalam hal memilih KPR.
Suku bunga flat menjadi pilihan favorit karena dinilai tidak memberatkan ketika harus melakukan proses pembayaran. Sahabat Perumnas pun bisa membayar angsuran KPR dengan nilai tetap dalam kurun yang sudah disepakati.
Kredibilitas Bank Penyedia KPR
Saat ini semakin banyak bank yang menyiapkan fasilitas KPR. Semua bank tentu berlomba menawarkan program terbaiknya untuk menarik minat masyarakat. Namun, sabahat Perumnas harus lebih teliti memilih bank, ya. Pilihlah bank yang kredibilitasnya terjamin agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Bank yang sudah berpengalaman dalam program KPR tentu memiliki kebijakan yang tidak akan memberatkan sahabat Perumnas.
Kemampuan Finansial Pribadi
Kemampuan finansial menjadi hal yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan. Jangan sampai angsuran KPR yang harus dibayarkan malah membebani kondisi finansial sahabat Perumnas. Akan jauh lebih baik jika sahabat Perumnas tidak sedang memiliki kewajiban pelunasan angsuran lainnya saat berencana mengajukan KPR.
Pemenuhan kebutuhan sehari-hari harus diutamakan sebelum memutuskan mengajukan KPR. Biaya kebutuhan primer, tagihan listrik, air, telepon, pendidikan, dan rekreasi keluarga juga patut dipertimbangkan dengan matang.
Harga Rumah Sesuai Persyaratan Subsidi
Harga rumah subsidi yang relatif murah memang diperuntukkan bagi MBR. Sebaiknya sahabat Perumnas tidak memilih rumah dengan harga lebih tinggi dari harga subsidi yang ditetapkan bank. Hal ini tidak hanya berpengaruh terhadap uang muka yang harus dibayarkan, tetapi juga besarnya angsuran KPR yang wajib dilunasi.
Bila sahabat Perumnas berencana memiliki rumah subsidi tahun ini, jangan lagi menunda-nunda rencana tersebut. Tentukan lokasi strategis yang sahabat Perumnas inginkan dan carilah informasi KPR dari bank dan pengembang properti bersangkutan.

Sumber:
ekbis.sindonews.com/read/986786/39/jurus-jitu-dapatkan-kpr-bersubsidi-1428483351
properti.kompas.com/read/2015/11/09/190000121/Sebelum.Memilih.KPR.Simak.Tips.Berikut

 

Diakses pada:

13 Februari 2016