Peremajaan Rusun Sukaramai

“Peremajaan ini merupakan upaya strategis Perumnas dalam berkontribusi mewujudkan program sejuta rumah sekaligus menciptakan kualitas hunian yang lebih baik khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)”

Medan, 5 April 2017 —Perum Perumnas terus berkomitmen dalam mewujudkan program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah melalui sejumlah terobosan khususnya dengan melakukan peremajaan rumah susun guna meningkatkan kapasitas huniannya.

Peremajaan rumah susun yang akan dilakukan Perumnas adalah rumah susun Sukaramai Medan. Peremajaan rumah susun Sukaramai Medan secara resmi (groundbreaking) dilakukan hari ini, yang dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono, Menteri BUMN Rini Sumarno dan menteri yang lain.

“Peremajaan rumah susun Sukaramai ini merupakan yang pertama di Indonesia yang dilakukan Perumnas. Upaya ini merupakan langkah strategi Perumnas dalam mewujudkan program sejuta rumah sekaligus menciptakan kualitas hunian yang lebih baik khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR),” kata Direktur Utama Perumnas Bambang Triwibowo dalam acara groundbreaking rumah susun Sukaramai di Medan, Rabu (5/4).

Peremajaan rumah susun ini akan dilakukan terhadap 14 tower berlantai 4 yang nantinya akan dibangun menjadi 4 tower dengan 20 lantai atau mencapai 2,064 unit. Tahap pertama akan dibangun 2 tower dengan total unit sebanyak 1.344. Peremajaan rumah susun Sukaramai ini dilakukan di atas lahan seluas 17,717 m2 dengan tipe hunian tipe hunian studio 18 m² hingga 3 kamar tidur.

Pada tahap pertama, sebanyak 5 tower lama akan kami remajakan dengan total unit hunian sebanyak 374 unit. Pada saat proses pembangunan tahap pertama dilakukan, kegiatan relokasi kepada penghuni pun pararel kami lakukan dengan memberikan kompensasi kepada para penghuni lama untuk mendapatkan hunian peralihan sementara yang tidak jauh dari lokasi ini, tambah Bambang
“Dengan dilakukannya peremajaan terhadap rumah susun ini, maka bangunan akan mampu menampung lebih banyak orang dan tentunya karena disertai dengan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang baik, kualitas hidup penghuni akan semakin baik,” jelasnya.

Rumah susun Sukaramai ini nantinya akan dilengkapi dengan unit commercial sebanyak 425 unit sekaligus fasilitas sosial dan fasilitas umum antara lain, ruang serbaguna, parkir, klinik, sarana ibadah, Pendidikan Anak Usia Dini, Taman Pendidikan Alquran, Taman dan kolam renang. Bambang menjelaskan bagi penghuni tower lama sementara akan direlokasi ke tempat yang layak di sekitar lokasi rumah susun.
“Kami sangat mengapresiasi penghuni lama yang kooperatif atas dilakukannya peremajaan ini. Kami berharap proses peremajaan ini dapat segera dilakukan di rumah susun lainnya dan didukung pula oleh para penghuni lama,” jelasnya.
Dalam program perumnas selanjutnya adalah peremajaan rumah susun kemayoran, rumah susun kebon kacang, rumah susun ilir barat palembang dan seterusnya. Dan bekerjasama dengan PT KAI dengan semangat sinergi BUMN memulai pembangunan rumah susun di atas stasiun yaitu Tanjung Barat, Pondok Cina dan lain-lain. Serta bekerja sama dengan PD Pasar Jaya memulai pembangunan rumah susun diatas pasar diantaranya Pasar Blok G Tanah abang, Pasar Grogol, Pasar cempaka putih dan seterusnya

Idealnya, model ini dapat diterapkan di seluruh Indonesia, terutama di area padat penduduk dan memiliki keterbatasan lahan. Seyogjanya untuk menciptakan kualitas kehidupan yang lebih baik tidak hanya semata membangun bangunan hunian saja, tetapi hunian terintegrasi yang dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut, tutupnya.

Tentang Perumnas

Perumnas merupakan salah satu BUMN yang mempunyai tugas pokok menyediakan perumahan dan pemukiman bagi masyarakat menengah ke bawah. Beberapa kawasan pemukiman skala besar telah dibangun melingkupi area Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi yang kini telah berkembang, menjadi kota baru dan berfungsi sebangai kota penyangga ibukota Jakarta. Dengan memiliki cakupan area operasional dari Sabang sampai Marauke, Perumnas terbagi menjadi 8 regional strategis. Perumnas telah membangun di lebih dari 187 kota dan 400 lokasi di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Perumnas, silakan kunjungi: http://www.perumnas.co.id