Pelatihan mco & aoc

Menjadi perusahaan yang lebih besar dan bersaing di kancah global adalah bentuk optimistis Perumnas yang dilakukan melalui tranformasi dalam tubuh perusahaan. Sebagai penyedia perumahan yang telah bergelut selama 42 tahun, tentu mendorong Perumnas untuk mampu beradaptasi mengikuti lingkungan bisnis yang terus berubah seiring kebutuhan pasar. Perubahan ini lah yang akan diwujudkan Perumnas melalui beberapa program transformasinya yang terus digulirkan waktu ke waktu. Salah satunya adalah menciptakan agen dan manajemen perubahan pada karyawan Perumnas.

Dalam upaya merealisasikan program tersebut, Perumnas menggelar Pelatihan Change Management Office (CMO) & Agent of Change (AoC) yang bertempat di Hotel The Hive Best Western Jakarta Timur, pada 26 Mei kemarin. Pelatihan ini ditujukan kepada beberapa karyawan Perumnas yang terpilih untuk menjadi CMO dan AoC. Tidak hanya karyawan dari Kantor Pusat, peserta pelatihan ini juga dihadiri oleh perwakilan karyawan beberapa cabang dan regional Perumnas.

Pelatihan CMO dan AoC ini adalah kegiatan yang diinisiasi oleh Divisi Transformasi Perumnas sebagai wujud keseriusan menciptakan pembaharu atau orang yang mampu melakukan perubahan dalam lingkungan unit kerja nantinya. Dengan menanamkan nilai SPIRIT FOR Perumnas dan visi misinya, peserta harus dapat menuntun dan merekatkan stakeholder di unit kerja terkait agar dapat meningkatkan kinerja dan capaian perusahaan. “Yang namanya CMO dan AOC ini harus bisa menjadi perekat untuk orang-orang sekitarnya di lingkungan kerja, supaya dari hal itu ada keinginan bersama untuk berusaha sekeras mungkin melakukan kinerja-kinerja yang baik”, ujar GMD Perencanaan Strategi Korporasi Perumnas, Ursula Silalahi saat diwawancara di sela-sela pelatihan berlangsung.

Dibentuknya CMO dan AoC ini juga didorong karena tahun ini jumlah pencapaian target yang telah ditetapkan di RKAP sebesar 2,5 triliun. Tidak hanya itu, adanya rencana Pemerintah terkait isu holding untuk sektor perumahan pun membuat Perumnas harus siap merapatkan barisan. Manajemen dan agen perubahan seperti ini lah yang akan menjadi bibit perubahan nantinya, membuat karyawan lain tergugah semangatnya untuk lebih giat meningkatkan kinerjanya.

Perlu diketahui bahwa pelatihan yang diselenggarakan selama tiga hari ini, sebelumnya sempat diadakan pada beberapa tahun lalu. Namun, karena seiring waktu tidak ada kelanjutannya, maka Divisi Transformasi Perumnas pun menggelar kembali pelatihan ini. Diharapkan pelatihan ini dapat membangkitkan keinginan, hasrat dan semangat untuk memulai inovasi-inovasi baru dengan energi yang baru. “Saya berharap  setelah pelatihan ini, mereka pulang lagi ke tempatnya, baik cabang, regional atau kantor pusat, mereka tahu apa yang harus mereka kerjakan. Minimal membangkitkan selera teman-teman lainnya untuk memicu kinerja di unit masing-masing”, tutur Ursula Silalahi.

Ursula menambahkan, kedepannya dia ingin dari pelatihan seperti ini dapat menimbulkan kecemburuan positif dari orang-orang yang tidak terpilih di AOC nanti. “Setelah ini 3 bulan ke depan, kami akan menyelenggarakan lagi adakah karyawan yang karena keinginan dia pribadi ingin menjadi AOC. Nanti kami akan buat pengumuman siapa yang ingin menjadi AOC, setelah itu kita akan gaungkan lagi”, tutup Ursula.