Memiliki rumah pribadi memang impian semua orang. Kini, program rumah subsidi pun dapat membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mewujudkan impian tersebut. Rumah pribadi yang sesuai kebutuhan akan membuat seluruh anggota keluarga senantiasa nyaman.

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Musim Hujan

Rumah nyaman tetap butuh perawatan berkala, terutama sebelum memasuki musim hujan. Lakukan beberapa hal ini sebagai persiapan bagi rumah menghadapi cuaca musim hujan.

  • Periksa dan Perbaiki Talang Air

Talang air adalah media yang dilewati air saat hujan. Sahabat Perumnas wajib memeriksa kondisi talang air sebelum musim hujan tiba. Segera perbaiki talang air yang rusak atau bocor. Talang air yang rusak akan membuat air merembes dan bocor ke dalam rumah. Buat talang air dengan ukuran tepat dan material berkualitas supaya lebih tahan lama.

  • Perhatikan Posisi Genting Rumah

Bergesernya posisi genting rumah dan berantakan adalah penyebab bocor saat musim hujan. Meski rumah subsidi milik Sahabat Perumnas baru saja ditempati, bukan berarti boleh mengabaikan kondisi gentingnya.

Sahabat Perumnas mesti memperbaiki dan mengganti genting yang geser atau tidak beraturan sebelum musim hujan tiba. Dengan demikian, musim hujan tidak akan membuat Sahabat Perumnas kewalahan mengatasi kebocoran.

  • Sistem Ventilasi yang Baik

Hawa lembab yang masuk ke dalam rumah selama musim hujan dapat merusak material kayu, besi, dan tembok di dalam rumah. Karena itu, sistem ventilasi rumah harus terpasang dengan baik. Jika curah hujan dan kelembapan udara sedang tinggi, Sahabat Perumnas bisa menutup ventilasi untuk sementara.

  • Jangan Lupakan Saluran Air

Saluran air yang tersumbat endapan lumpur dan sampah rentan mengakibatkan banjir. Jadi, Sahabat Perumnas tidak boleh lupa memeriksa dan membersihkan saluran air secara berkala sebelum memasuki musim hujan. Bersihkan saluran air di sekitar rumah setidaknya setiap dua minggu sekali agar daya tampungnya maksimal.

  • Perhatikan Jaringan Listrik

Ketika musim hujan, kabel listrik yang sudah rapuh dan terkelupas berisiko mengakibatkan korsleting dan kebakaran. Sahabat Perumnas tidak perlu khawatir. Hal ini dapat diatasi dengan memeriksa seluruh jaringan listrik di dalam dan luar rumah. Pastikan seluruh kabel dan setop kontak dalam keadaan baik sehingga risiko korsleting dapat diminimalkan.

  • Pangkas Tanaman di Sekitar Rumah

Musim hujan biasanya membuat tanaman yang rimbun menjadi sarang yang nyaman bagi nyamuk dan serangga lainnya. Selain itu, pohon rimbun berukuran besar juga berisiko tumbang karena tidak kuat menahan empasan angin. Karena itu, Sahabat Perumnas perlu memangkas dan merapikan seluruh tanaman di sekitar rumah agar tetap saat musim hujan.

Jika keenam persiapan ini sudah dilakukan, niscaya rumah Sahabat Perumnas siap menghadapi musim hujan. Rumah subsidi juga bisa dirawat secara cermat agar suasananya tidak kalah nyaman dengan rumah lainnya.

Sumber:

properti.kompas.com/read/2016/05/23/193857021/4.tanda.rumah.anda.siap.hadapi.hujan

economy.okezone.com/read/2012/11/19/472/720290/persiapkan-rumah-di-musim-hujan

lifestyle.okezone.com/read/2011/11/04/407/524942/cara-mempersiapkan-liburan-saat-musim-penghujan